Kamis, 26 Juli 2012

My New Design

Design Bangunan Minimalis dng gaya Tropis yang saya plih untuk design saya yang berikutnya. Terinspirasi dari salah satu Arsitek di Indonesia. Dalam benak sebenarnya bangunannya tidak sesempit ini. Saya ingin agak lebih luas lagi sebenarnya. Yah, tapi lagi-lagi bisanya buat bangunan yg langsing. Design-design minmalist yang saya buat sebelumnya juga kurus-kurus modelnya. Ntah apa yang buat saya selalu menghasilkan bangunan yang langsing-langsing. Ini diluar rencana. Tapi walaupun tidak seperti yang ada dibenak, design tropis ini tidak jauh-jauh beda dari yang saya bayangkan. Teman-teman saya di kampus memang rata-rata suka sama design yang minimalist. Mungkin karena itu sekarang trend-nya. haha.. Tapi bagi saya minimalist merupakan design yang dinamis dan punya banyak Gaya dan Model. Kebanyakan dari design minimalist memiliki aura-aura yang segar karena itu banyak design minimalist cocok di buat dengan gaya tropis. Baiklah, akan saya jelaskan beberapa dari bagian2 rancangan saya ini. Maaf kalau kurang detail karena ini masih hanya model saja belum perencanaan Seutuhnya.

Interface
Bagian depan dari rumah ini didominasi oleh kaca dng tebal 70 mm. Ini masih rencananya, dan di design khusus agar cahaya yang masuk ke ruangan mencukupi, dan tidak melibihi agar di siang hari tidak terlalu panas.

Ventilasi
Memang ini adalah design banguna Tropis tapi disengaja untuk tidak membuat ventilasi apalagi di pintu tampak tidak ada ventilasi kan. Ini demi gaya bung.. haha. Ya, tapi itu tidak masalah karena bangunan ini di design juga agar ruangan dipasang AC. Kecuali bagian dapur nya yang terletak dibelakang rumah. ( bagian Barat). Tetapi kalau ada yang mesan design ini, bisa kok di buat ventilasinya. hahaha..

Rumah Dihadapkan ke Timur
Rumah Sengaja saya hadapkan ketimur agar supaya pada saat pagi hari dan matahari terbit dari timur maka Cahaya alami mentari pagi tersebut dapat masuk ke ruang tamu utama dan memberikan kesan yang segar. Tetapi ada beberapa etnis yang tidak suka atau dipantangkan untuk menghadapkan rumah ketimur.

Lantai
Rumah ini di design dengan 3 lantai. Sepintas memang terlihat Seperti 2 lantai saja. Tapi lihat di atas kaca besar itu ada jendelakan? nah jendela itu menandakan dia terletak dilantai 3. Dan memang hanya ruangan itu saja yang ada dilantai 3 yaitu kamar tidur.

Lingkungan
Rumah seperti ini cocoknya dibangun didaerah yang cukup sejuk. Contoh-nya ini karena saya tinggal di Sumatera utara : Anda bisa bangun di Berastagi, Danau Toba, Medan khusunya di daerah Namorambe dekat kebun binatang Medan karena didaerah tersebut sedang semangat-semangatnya membangun perumahan dan loksinya pun cukup sejuk. Kalau saran saya di Berastagi bangunan ini lebih pas karena design nya yang tinggi ketas dan didominasi oleh kaca besar dan mungkin akan kelihatan seperti sebuah Hotel mini di berastagi nantinya.

Program :
Seperti biasa saya mendesign bangunan minimalist dengan memakai Program Google SketchUp dan tidak menggunakan 3Dmax. Alasannya karena SketchUp lebih cepat dan praktis apalagi kalau hanya membangun bangunan minimalist. Untuk pembuatan kali ini sudah memakan wktu 2 minggu lantaran sambil ujian di kampus jadi harus saya cicil-cicil. Nantinya saya akan merancang generasi berikutnya dari mimalist 0-1 ini atau akan saya kembangkan juga menambah-nambah komponen model barunya.

Sepandai-pandainya Tupai melompat pasti jatuh juga. Kerana itu saya mohon Kritik dan saran anda semua agar nantinya saya dapat berkembang lebih baik lagi dan memberikan Seni Design yang indah untuk semua ciptaan Tuhan di dunia ini. Trimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Please give your comments. Thank you.